Selasa, 18 Agustus 2009

Kumpulan peta Kawasan Ekosistem Leuser


Sebutan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) sepertinya bukan hal yang asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Aceh dan Sumatera Utara. Dengan luasan resmi sekitar satu koma Sembilan juta hectare ( ada yang mengklaim dua koma dua juta hectare) maka KEL menjadi wilayah konservasi terbesar di Asia Tenggara. Sayangnya, keberadaan KEL menimbulkan banyak polemik antara ‘misi perlindungan’ dengan ‘misi pembangunan wilayah’. Ini wajar karena KEL meliputi belasan wilayah administrative kabupaten di Aceh dan empat kabupate di Sumatera Utara.
Sebagai gambaran ‘suasana KEL’ per kabupaten, berikut adalah kumpulan peta kawasan KEL per kabupaten baik KEL secara administratif, topografi, vegetasi, fungsi lahan, Satuan Daerah Aliran Sungai (DAS), Biodiversity (keanekaragaman hayati), Kelas lereng, Kawasan Hutan, dan Ketinggian.
Walaupun sebagian peta dibuat berdasarkan kondisi taksiran tahun 2004, dan sebagian tahun 2002, namun masih relevan sebagai bahan referensi untuk evaluasi, analisis, atau pengambilan kebijakan yang menyangkut pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan ataupun sebagai referensi bagi rekan-rekan mahasiswa.

0 comments: