Rabu, 18 Juli 2012

Tips buat pencinta lingkungan; khususnya yang mengaku pencinta lingkungan sejati.


  1. Tidak naik kendaraan bermotor, karena menimbulkan emisi. Lebih baik jalan kaki, naik sepeda kayu, atau numpang kendaraan teman.
  2. Tidak menggunakan peralatan atau benda yang terbuat dari besi, timah, baja atau logam lainnya karena merupakan hasil tambang. Katanya merusak alam dan membuat emisi.  Pakai saja peralatan dari kayu atau batu.
  3. Tidak menyetujui anggota keluarga, kerabat, atau teman yang memakai perhiasan emas, karena hasil tambang dan merusak lahan. Pakai saja perhiasan dari kerang, siput, atau benang warna warni.
  4. Tidak makan makanan yang menggunakan pupuk kimia, lebih baik makanan yang langsung diambil dari sawah / kebun sendiri.
  5. Tidak minum air kemasan, karenan ada limbah plastik, dan proses pembuatan plastik menimbulkan emisi yang tinggi. Tidak beli sirup dalam botol, karena membuat botol menimbulkan emisi yang tinggi. Minum saja langsung dari sumur.
  6. Tidak tinggal atau membuat rumah yang memakai semen / beton. Lebih baik buat rumah dari kotoran sapi seperti di pedesaan India.
  7. Tidak memakai baju dari industri tekstil, pakai saja kulit kayu.
  8. Tidak memakai sabun atau sampo pabrikan. Lagi-lagi karena pembuatannya menimbulkan emisi dan limbah. Gosok saja dengan pasir dan pakai sampo dari buah ‘pace’.

Ringkasnya seperti gambar ini:






0 comments: