Jumat, 20 Juli 2012

Membuat Rumusan Permasalahan Penelitian

Sebuah skripsi / Tesis / ataupun karya ilmiah, akan memiliki nilai jika ia dapat memecahkan permasalahan yang diajukan. Ingat lho... PERMASALAHAN, bukan MASALAH.  Ini dua hal yang berbeda, dan biasanya sering terbalik-balik dalam berbagai tulisan penelitian.

Adanya ikan-ikan yang mati mendadak di kolam, merupakan MASALAH bagi pemilik kolam, karena investasinya hancur. Itu bukan masalah bagi mahasiswa, karena tidak mengalami kerugian apa pun. Tapi bagi calon peneliti, fenomena ini dapat menjadi PERMASALAHAN.  Tentunya setelah ada perumusan berdasarkan gambaran / deskripsi dan latar belakang, kaitan berdasarkan teori pokok  dan teori pendukung (jika ada), kesenjangan informasi / pengetahuan yang ada, dan tujuan yang ingin didapat.

Contoh lain, aktivitas penambangan liar menggunakan air raksa atau merkuri  bukan merupakan masalah bagi pelaku,  tetapi dapat menjadi masalah bagi calon peneliti A (misal mahasiswa jurusan Kimia), karena berdasarkan pengetahuan ilmiahnya bahwa limbah raksa tidak akan larut dan menjadi racun.  Tetapi masalah ini tidak menarik bagi A, sehingga tidak dijadikan sebagai sebuah Permasalahan. Sementara calon peneliti B (misal mahasiswa ilmu Kesehatan Masyarakat) tertarik dengan fenomena peningkatan angka statistik penyakit gatal-gatal pada daerah hilir yang terdapat kegiatan penggunaan air raksa di daerah hulu. Dengan melihat deskripsi statistik, fenomena  ini kemudian diformulasikan sebagai sebuah permasalahan penelitian. Mencari hubungan sebab akibat antara penambangan liar dengan jenis dan jumlah penyakit gatal-gatal dalam skope landscape.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan permasalahan peneliti.
  1. Singkat , jelas dan padat. Jadi jangan memakai kalimat yang panjang dan bertele-tele.
  2. Sebaiknya menggunakan kalimat tanya (ada research question).
  3. Sebaiknya menghubungkan dua variabel atau lebih.
  4. Ada implikasi ketersediaan data untuk pemecahan masalah.
  5. Relevan dengan judul dan metode penelitian. 


0 comments: